Rabu, 17 Agustus 2016

Menabung Oksigen

Berbicara tentang oksigen, tentunya kita tahu bahwa zat yang satu ini vital banget untuk kehidupan makhluk hidup. Yup! Oksigen adalah satu-satunya zat yang bisa digunakan untuk bernafas dan proses bernafas sendiri penting untuk keberlangsungan hidup kita. Dengan oksigen, kita bisa membakar makanan untuk mendapatkan energi. Tanpa oksigen, sel dan jaringan tubuh kita akan mengalami kematian dan pada akhirnya nyawa kita akan terancam.






Guys, pernah gak berpikir bagaimana seandainya kita kehabisan oksigen? 

Mungkinkah?

Well, hal itu sangat mungkin, guys.

Satu-satunya industri penghasil oksigen hanya dengan bahan utama air hanyalah tumbuhan, guys. Dan dengan adanya alih tata guna lahan dari hutan dan pertanian menjadi pemukiman, tentu produksi oksigen akan semakin berkurang. Belum lagi ditambah dengan pertambahan penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya. Tentu kebutuhan oksigen akan semakin besar. Dan jangan lupakan polusi, guys, rasanya udara bersih yang mengandung oksigen akan semakin langka. Membayangkan dunia tanpa oksigen, rasanya tercekat dan sesak napas. Bagaimana dengan kalian, guys?



Tapi 'kan masih ada alga di lautan yang menghasilkan oksigen?

Sure, tapi ingat, lautan itu adalah muara dari sungai, sedangkan banyak sungai yang sudah tercemar. Cemaran yang datang dari sungai bisa jadi berpengaruh buruk terhadap kualitas alga di lautan.

So, how?
Sebenarnya bukan hal yang sulit, seandainya setiap diri kita menyadari bahwa kita memerlukan oksigen untuk kebutuhan bernafas kita setiap detik. Kita tahu bahwa satu-satunya makhluk Tuhan diberi kecanggihan luar biasa untuk menghasilkan oksigen hanya tumbuhan. So, kenapa kita tidak memulai dari sekarang untuk peduli terhadap mereka, para tumbuhan? Kita bisa memulai dengan tidak merusak tumbuh-tumbuhan yang ada di taman. Bahkan rumput sekalipun berjasa bagi kita karena menghasilkan oksigen. Mau lebih baik? Mau berinvestasi? Kita bisa mulai menanam bunga atau tumbuh-tumbuhan lain yang kita sukai. Bukan hal yang sulit. Kalopun kita tidak memiliki lahan yang luas, tanam saja di pot. Hanya dengan menyiram tanaman setiap pagi, kita bisa menjamin ada oksigen segar yang tersaji di lingkungan rumah kita setiap pagi. Badan akan segar dan sehat dengan oksigen segar setiap pagi. Lagipula kita tidak perlu repot memberi makan, membereskan kotoran, dan memandikan seperti halnya jika kita memelihara hewan peliharaan. Lebih kerennya lagi, guys, jika kita mengusahakan banyak tanaman di rumah kita, maka secara tidak langsung, kita sudah bersedekah oksigen pada tetangga dan lingkungan sekitar.



Investasi dunia akhirat kan, guys?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar